Thursday, March 4, 2010

Macam – Macam Internet Browser

Internet Explorer (IE)

Internet Explorer adalah sebuah browser web yang gratis dari Microsoft dan merupakan browser web yang paling banyak digunakan. Kelemahan utama IE adalah pada masalah security (tidak aman). Microsoft secara berkala mengeluarkan patch keamanan yang bisa didownload secara otomatis dan dipasang untuk meng-update browsernya. Dari segi stabilitas, IE lebih mudah crash. Selain itu, pengguna IE tak bisa membuka banyak halaman web tanpa membuka banyak jendela.

Mozilla Firefox

Firefox dari Mozilla Corporation adalah freeware yang memiliki banyak keunggulan jika dibandingkan dengan IE, mudah dikustomisasi sesuai kebutuhan pengguna. Firefox memiliki semacam tabs untuk menangani banyak halaman web pada saat yang bersamaan, tanpa harus membuka banyak jendela. Mesin pencari terkenal seperti Google juga telah “digunakan” oleh Firefox. Hasil download bisa disimpan secara otomatis ke desktop komputer, sehingga lebih mudah ditemukan. Selain itu, pengaturan toolbar, tombol, dan ukuran browser dengan mudah dapat dilakukan. Browser juga dapat langsung dijalankan tanpa perlu melakukan banyak konfigurasi. Selain cepat, fitur keamanan Firefox lebih andal dibandingkan IE. Setting browser internet pun bisa diatur dengan lebih leluasa. Arsitektur terbuka Firefox memungkinkan pengguna untuk mengubah tampilan browser. Pengguna dapat mengustomisasi Firefox secara spesifik. Seperti membuka e-mail saat browser diaktifkan dan memblok seluruh iklan pop up.

Opera

Kelebihan utama browser Opera adalah mampu menampilkan (load) halaman web lebih cepat, dengan kecepatan koneksi yang sama dibanding browser lain. Kelebihan lain browser Opera adalah terdapat tabs yang memungkinkan beberapa situs terbuka bersamaan, tanpa harus membuka banyak jendela. Opera juga menyertakan penyaring pop up untuk menangkal iklan pop up yang menjengkelkan. Fitur lain, seperti mesin pencari Google yang sudah built-in dan penghitung waktu yang diperlukan hingga halaman web membuka sempurna. Opera dapat dijalankan di berbagai sistem operasi, termasuk mMicrosoft Windows, Mac OS X , Solaris,Free BSD dan Linux.Selain dalam bentuk browser web, Opera juga hadir dalam bentuk mobile yang bisa dijalankan di telepon genggam atau PDA.

Google Chrome

Google melancarkan web browser dengan meluncurkan Chrome, sebuah web browser baru yang diklaim memiliki terobosan baru dalam kecepatan, kemudahan penggunaan, serta integrasi yang baik dengan aplikasi berbasis web.

Safari

Safari adalah browser keluaran dari pabrikan Apple. Apple memasang Nitro Engine untuk menggenjot kecepatan Safari 4. Nitro Engine adalah mesin JavaScript super cepat yang digunakan untuk melipatgandakan kemampuan JavaScript pada browser Safari sampai 30 kali lipat lebih cepat. Kecepatannya melesat dibandingkan Internet Explorer dan tiga kali lebih cepat dibandingkan browser Mozilla, Firefox 3. Tidak hanya itu, Apple juga meningkatkan performa HTML (HyperText Markup Language) di browser ini sehingga kemampuan membuka halamannya tiga kali lebih cepat dibanding Internet Explorer 7 maupun Firefox. Satu-satunya yang mampu mengejar Safari 4 Beta adalah Chrome 1.0.

1 comment: