1. PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Seiring dengan kemajuaan nya teknologi banyak sekali macam – macam sistem operasi yang terdapat pada telepon genggam atau yang akrab di kenal sebagai handphone, seperti Blackberry, symbian, Mac OS, linux, dan Android.
Banyak sekali orang menggunakan alat komunikasi itu untuk gaya hidup saja, tidak mengerti kegunaannya untuk apa, sehingga tidak jarang pemakai atau user mendapatkan handphone ini tidak sesuai dengan yang diharapkan. Contoh yang didapat dari survei lapangan, ada yang membeli handphone yang tidak sesuai dengan kegunaannya meskipun pada dasarnya handphone ini diperuntukan untuk alat komunikasi akan tetapi tidak semua diperuntukan untuk anak-anak dan bahkan cenderung lebih banyak untuk remaja dan dewasa karena tampilan dari tiap-tiap handphone dan produsen mempunyai karakter yang berbeda – beda ada juga yang merasa tidak suka dengan desain karakter dan tampilan nya tersebut. Ini dikarenakan bahwa calon pembeli hanya mendapatkan informasi bahwa handphone tersebut bentuk nya bagus, dan sebaliknya pula ada calon pembeli yang tertarik membeli karena melihat potongan iklan tersebut tanpa mengetahui garis besar dari kegunaan handphone tersebut sehingga ada kekecewaan karena kegunaannya tidak sesuai dengan yang diharapkan.
Perkembangan teknologi yang terdapat pada handphone saat ini sangat pesat. Handphone digunakan tidak hanya sebagai alat komunikasi suara saja, tetapi juga sebagai alat memudahkan pengguna handphone dalam kehidupan sehari-hari.
Handphone yang ada dipasaran kini telah dilengkapi dengan berbagai fitur dan aplikasi yang dapat dipilih sesuai selera dan kebutuhan penggunanya. Hampir setiap handphone memiliki fasilitas seperti kamera, musik, games, ataupun internet, karena pada saat ini aplikasi-aplikasi tersebut telah menjadi salah satu kebutuhan bagi pengguna handphone.
Selain aplikasi-aplikasi tersebut masih banyak lagi aplikasi yang ada yang telah diciptakan berdasarkan kebutuhan atau permintaan konsumen. Mungkin akan banyak lagi aplikasi yang akan tercipta untuk menunjang dan mempermudah kebutuhan bagi pengguna handphone. Aplikasi yang tercipta bisa saja untuk menunjang hobi ataupun kegiatan yang telah menjadi rutinitas si pengguna handphone. Berdasarkan alasan tersebut muncul sebuah ide untuk mempermudah para pengguna handphone yang ingin mengetahui tentang istilah komputer.
Dari paparan atau penjelasan di atas penulis ingin membuat “Aplikasi Kalkulator Pada Android Menggunakan Eclipse” yang dapat memudahkan kita dalam perhitungan yang sering digunakan dalam kehidupan sehari – hari
1.2 Rumusan Masalah
Untuk lebih memfokuskan ruang lingkup yang akan dibahas dalam penulisan proposal penulisan ilmiah ini, akan dibahas adalah “bagaimana merancang dan mengimplementasikan aplikasi kalkulator pada android menggunakan Eclipse”.
1.3 Tujuan Penulisan
Tujuan dalam penulisan ini adalah membuat Aplikasi Kalkulator Pada Android Menggunakan Eclipse diharapkan memudahkan kita dalam perhitungan yang sering digunakan dalam kehidupan sehari – hari.
1.4 Metode Penulisan
Penjelasan teori-teori yang menunjang penulisan ilmiah ini telah diuraikan dalam pembahasan disusun berdasarkan metode penulisan berikut :
a. Prosedur Pelaksanaan :
1. Analisis (Analysis)
Pada tahap ini penulis melakukan pengumpulan informasi mengenai penggunaan kalkulator tipe apa saja yang sering digunakan dalam kehidupan sehari – hari dengan melakukan pencarian melalui browsing internet dan buku terkait, selain itu penulis juga mempelajari buku yang membahas tentang pemrograman menggunakan Eclipse.
2. Perancangan (Design)
Dalam tahap ini penulis melakukan tahapan selanjutnya yaitu merancang tampilan.
3. Implementasi
Pada tahap implementasi penulis akan menerapkan hasil perancangan dari tahap dasar kedalam suatu bahasa pemrograman dengan menggunakan Eclipse.
4. Maintenance
Pada tahap ini penulis akan melakukan pengevaluasian serta pembaharuan isi atau content dari aplikasi tersebut.
b. Perangkat yang dibutuhkan :
Spesifikasi perangkat keras (Hardware) yang digunakan dalam pembuatan aplikasi :
1. Notebook ASUS A42JC
2. Processor Intel Core I5 430M
3. RAM 2 GB
4. Harddisk 500 GB
Spesifikasi perangkat lunak (Software) yang digunakan adalah sebagai berikut :
1. Operating System Windows 7 Ultimate
2. Java SDK versi 6.0
3. JRE Versi 6.0
4. Eclipse 3.5 Galileo
5. ADT versi 10.0.0
6. Android SDK
7. DroidDraw
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
No comments:
Post a Comment