Thursday, March 4, 2010

Macam – Macam OS (Operating system)

Pengertian Sistem operasi adalah software yang berfungsi untuk mengaktifkan seluruh perangkat yang terpasang pada komputer sehingga masing-masingnya dapat saling berkomunikasi. Atau bisa dijelaskan sebagai sebuah penghubung antara pengguna dari komputer dengan perangkat keras komputer. Secara umum, Sistem Operasi adalah software pada lapisan pertama yang ditaruh pada memori komputer pada saat komputer dinyalakan.
LINUX
Secara teknis dan singkat dapat dikatakan, Linux adalah suatu sistem operasi yang bersifat multi user dan multitasking, yang dapat berjalan di berbagai platform. Nama Linux sendiri diturunkan dari pencipta awalnya, LINUS TORVALDS, di Universitas Helsinki, Finlandia

Contoh distro linux :
1. Lycoris
2. Xandros
3. Lindows
4. Linare
5. Debian/GNU Linux
6. Linux-Mandrake
7. Red Hat Linux
8. Slackware
9. Turbo Linux
10. 10. Knoppix

MICROSOFT WINDOWS
Microsoft Windows atau lebih dikenal dengan sebutan Windows adalah keluarga sistem operasi komputer pribadi yang dikembangkan oleh Microsoft yang menggunakan antarmuka dengan pengguna berbasis grafik (graphical user interface). dan pertama kali ditemukan oleh Bill Gates. Kelebihan windows adalah karena dia banyak digunakan oleh pengguna PC. sedang kelemahanya windows mudah terkena virus komputer apalagi sekarang di indonesia sudah dilarang penggunaan software windows bajakan.
Contoh Microsoft:
1. windows 98
2. windows 2000
3. windows XP
4. windows Vista
5. windows 7
MacOS
Mac OS, yang bererti Macintosh Operating System, atau Sistem Pengoperasi Macintosh, adalah sistem pengoprasian komputer Apple untuk komputer Apple Macintosh.
Contoh MacOS:
1. tiger OS
2. leopard OS

3 comments:

  1. Kunjungan Balik ya ke reinforce-clanpb.blogspot.com

    ReplyDelete
  2. sangat informatif, terima kasih, saya menemukan blog anda saat saya sedang membutuhkan referensi operating system, sekalai lagi thanks, sukses selalu.

    ReplyDelete
  3. terimakasih infonya,kunjungan balik ya (:

    ReplyDelete